PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS SATU DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMAN 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR

Sarini, (2012) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS SATU DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMAN 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012289.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Sekolah adalah merupakan lembaga formal yang secara khusus dibentuk untuk menyelenggarakan pendidikan bagi siswa, bimbingan merupakan salah satu bentuk layanan yang penting diselenggarakan di sekolah yang berguna untuk membantu siswa mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa dalam belajar, pengalaman menunjukkan bahwa kegagalan untuk mencapai prestasi yang dialami oleh siswa tidak selalu disebabkan oleh kebodohan dan rendahnya intelejensi, sering kegagalan itu disebabkan oleh sejauh mana kesulitan keaktifan siswa mengikuti bimbingan belajar. Rumusan masalahnya adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi siswa pendidikan agama Islam di SMAN 1 Kampar faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam mengikuti bimbingan belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 350 populasi, mengingat besarnya populasi ini maka penulis mengambil sampel 25 % jadi diperoleh 88 populasi, untuk mendapatkan hasil yang baik dalam bimbingan belajar siswa dituntunt untuk aktif dan kreatif dalam segala hal, dengan demikian jelaslah apabila siswa ingin prestasi yang tinggi melalui bimbingan belajar tentunya. Berdasarkan pengamatan di atas penulis menemukan gejala diantaranya, sebagian siswa tidak membuat catatan sewaktu mengikuti bimbingan belajar, sebagian siswa tidak memberikan pertanyaan yang baik pada guru maupun teman, sebagian siswa tidak mengembangkan cara menjawab pertanyaan yang baik, sebagian siswa tidak merespon terhadap tugas yang diberikan guru, sebagian siswa tidak membuat ringkasan terhadap materi yang dibaca. Berdasarkan gejala di atas melihat adanya kesenjangan maka penulis melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Keaktifan Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas Satu Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Kampar Kecamatan Kampar. Untuk menguji hipotesa kerja maka dirumuskan : Ha : ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi siswa Ho : Tidak ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam tergolong aktif, hal ini terlihat dari rekapitulasi angket dalam keaktifan siswa mengikuti bimbingan belajar dengan hasil 81,31 % termasuk kategori antara 76 – 100, ini terbukti dari data yang penulis lakukan dengan tekhnik korelasi serial, ternyata angka yang diperoleh lebih tinggi dari angka yang terdapat pada tabel produk moment df 88 yaitu 0,025 (0,903) 0,267. Tingginya angka korelasi yang diperoleh dibandingkan”r” produk moment maka disimpulkan ada pengaruh antara keaktifan siswa mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kampar dapat dikatakan aktif dengan demikian Ha diterima Ho ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:47
Last Modified: 24 Oct 2016 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item