UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PERILAKU TERPUJI MELALUI MODEL PEMBENTUKAN RASIONAL SISWA KELAS IIIA SDN 034 KIJANG REJO, TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Nur Hasni, (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PERILAKU TERPUJI MELALUI MODEL PEMBENTUKAN RASIONAL SISWA KELAS IIIA SDN 034 KIJANG REJO, TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012285.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari motivasi belajar siswa kelas IIIA SDN 034 kijang Rejo belum optimal, khususnya pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini berkemungkinan dipengaruhi oleh cara mengajar guru yang kurang menarik perhatian siswa. Untuk itu peneliti mencoba untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang berbeda dari pembelajaran yang biasanya dilaksanakan yaitu, model pembelajaran pembentukan rasional (rational building models). Diantara keunggulan dari model pembentukan rasional adalah siswa mengetahui norma dan etika yang baik di lingkungan masyarakat di mana ia berada. Dengan demikian, karena materi yang sedang dipelajari berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, diharapkan hal tersebut dapat menggugah perhatian mereka, dan tentunya dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIA SDN 034 Kijang Rejo, Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan model pembentukan rasional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembentukan Rasional dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas IIIA SDN 034 Kijang Rejo, Tapung Kabupaten Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai persentase motivasi belajar siswa pada tiap siklus yaitu pada sebelum tindakan didapatkan persentase sebesar 52%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 61%. Peningkatan terjadi pada siklus II dan III yaitu dari 81% menjadi 90%. Artinya, motivasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan Model Pembentukan Rasional pada pelajaran PAI di kelas IIIA SDN 034 Kijang Rejo, Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:46
Last Modified: 24 Oct 2016 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item