Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYTELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE PIECES

M. REZAPRAYOGGE, - (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYTELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE PIECES. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img]
Preview
Text (BAB 1-5 (KECUALI BAB 4))
TA 1-5.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Aplikasi MyTelkomsel merupakan aplikasi penyedia layanan pengguna yang dikembangkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dan berjalan secara self service bagi pengguna smartphone yang menjalankan provider Telkomsel. Banyak pelanggan mengeluh tentang waktu respon yang lambat saat memuat halaman tertentu, informasi mengenai promo sering kali tidak jelas atau sulit ditemukan dan kurang akurat, waktu respon terhadap keluhan atau pertanyaan yang lama. Tujuan dari penelitian adalah menganalisa kepuasan pengguna aplikasi MyTelkomsel pada Kota Pekanbaru menggunakan Metode PIECES. Selain itu, membuat rekomendasi solusi dari permasalahan yang ditemukan dalam bentuk tabel rekomendasi. Metode PIECES digunakan untuk menganalisa tingkat kepuasan pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna aplikasi MyTelkomsel Kota Pekanbaru sebanyak 96 responden. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Metode PIECES didapatlah perhitungan dengan variabel Performance sebesar 4,31, Information sebesar 4,24, Economic sebesar 4,14, Control sebesar 3,84, Efficiency sebesar 4,27 dan Service sebesar 4,35. Maka rata-rata kepuasan pengguna sebesar 4,19 yang menandakan tingkat kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh MyTelkomsel termasuk pada kategori Puas. Penelitian ini menghasilkan 6 rekomendasi solusi yang harus diperbaiki. Banyak pelanggan mengeluh tentang waktu respon yang lambat saat memuat halaman tertentu. Informasi mengenai promo sering kali tidak jelas atau sulit ditemukan dan kurang akurat. penghematan biaya tidak maksimal pengguna merasa fitur-fitur hemat biaya tidak selalu optimal. Kurangnya kontrol pengguna atas pengaturan aplikasi. Terlalu banyak langkah atau proses yang harus dilalui untuk mengakses fitur tertentu. waktu respon terhadap keluhan atau pertanyaan yang lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMEGAWATI2001058301megawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan & informasi ilmu
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:39
Last Modified: 25 Nov 2024 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84634

Actions (login required)

View Item View Item