Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

YOLATIFA ANTIKHA, - (2024) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Yolatifa Antikha (2024): Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang variatif sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti membandingkan dua model pembelajaran sehingga diketahui mana yang baik digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan yang menggunakan model pembelajaran TPS pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Islam As-Shofa. Penelitian jenis kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini ialah kelas X.2 sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model PBL dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model TPS. Analisis data akhir pada penelitian ini ialah uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menggunakan Microsoft Excel diperoleh nilai Thitung (1,2688) < Ttabel (2,023) yang berarti H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui model PBL dan TPS pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA Islam As-Shofa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Hukum-Hukum Dasar Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRI REFELITA, -2031126802fitrirefelita@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:09
Last Modified: 25 Nov 2024 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84629

Actions (login required)

View Item View Item