Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PELAJARAN EKONOMI DI MA NURUL JAMA’AH PEBENAAN KEC. KERITANG KAB. INDRAGIRI HILIR

MUHAMMAD SYAHRUL FITRAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PELAJARAN EKONOMI DI MA NURUL JAMA’AH PEBENAAN KEC. KERITANG KAB. INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV M SYAHRUL FITRAH.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV M SYAHRUL FITRAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di MA Nurul Jama’ah Pebenaan Kec. Keritang Kab. Indragiri Hilir. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequevalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 75 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 75 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 82,28 dan kelas kontrol sebesar 79,48. Adapun hasil uji tes-t bahwa nilai signifikan (sig) lebih dari alpha yaitu 0.179 > 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA Nurul Jama’ah Pebenaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pengguanaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Jama’ah Pebenaan Kec. Keritang Kab. Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalmiah2017119101salmiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:19
Last Modified: 25 Nov 2024 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84620

Actions (login required)

View Item View Item