MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP RUKUN SHALAT DAN SUNAT SHALAT MELALUI STRATEGI PETA KONSEP DI KELAS VI A SEKOLAH DASAR NEGERI 031 BUKITRAYA PEKANBARU

Ernita, (2012) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP RUKUN SHALAT DAN SUNAT SHALAT MELALUI STRATEGI PETA KONSEP DI KELAS VI A SEKOLAH DASAR NEGERI 031 BUKITRAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012278.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Pemahaman termasuk ke dalam salah satu aspek kognitif. Pemahaman siswa dalam belajar tidak hanya sekedar tahu tapi siswa juga harus benar-benar menguasai pelajaran, agar pengetahuan yang diperolehnya akan tetap bertahan lama dalam ingatannya. Tetapi dalam kenyataannya banyak siswa pada waktu proses belajar hanya sekedar mengetahui konsep pembelajaran saja. Hal ini menunjukkan siswa sebagai subjek belajar tidak memiliki pemahaman terhadap pelajaran secara menyeluruh. Pendidikan yang dikatakan berhasil adalah apabila guru dapat mentransfer ilmu kepada siswa dan siswa dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan guru dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu yang telah diberikan guru hendaknya bermakna bagi siswa, agar siswa mudah mengingatnya. Oleh karena itu sebaiknya seorang guru tidak menggunakan satu strategi saja, melainkan hendaklah bervariasi, sehingga apa yang disampaikan guru lebih mudah dipahami dan menjadi bermakna bagi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI A terhadap rukun shalat dan sunat shalat melalui strategi peta konsep di Sekolah Dasar Negeri 031 Bukitraya Pekanbaru dan manfaatnya bagi guru adalah sebagai masukan tentang salah satu strategi mengajar yang dapat dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif yang menggunakan observasi dan tes yaitu tes tulisan dan praktek, tes tulisan berupa isian dan tes praktek berupa mendemonstrasikan dan memberi contoh bacaan. Dalam penelitian tindakan dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali yang terdiri dari tiga indikator, yaitu : 1. Membedakan rukun shalat dan sunat shalat. 2. Mendemonstrasikan rukun shalat dan sunat shalat. 3. Memberi contoh bacaan rukun shalat dan sunat shalat. Pada siklus pertama pemahaman siswa dikategorikan sedang dengan nilai persentase 73,57%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari hasil tes sebelum tindakan sebesar 22,99%. Pada siklus kedua pemahaman siswa dikategorikan tinggi dengan nilai persentase 91,97%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus pertama sebesar 18,4%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman siswa kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 031 Bukitraya Pekanbaru terhadap rukun shalat dan sunat shalat melalui strategi peta konsep meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:42
Last Modified: 24 Oct 2016 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item