HANIFAH, -
(2024)
USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) DI PUSKESMAS BUKIT KAPUR.
Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.
ISSN ISSN 1411-8939 (Online), ISSN 2549-4236 (Print)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pasien di Puskesmas XYZ dan menentukan tingkat kepentingan yang berguna untuk mendapatkan prioritas perbaikan kualitas pelayanan kesehatan serta membuat usulan perbaikan kualitas pelayanan kesehatan. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain in Costumer Value (PGCV). Permasalahan pada penelitian ini adalah waktu untuk pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter terlalu singkat karena banyaknya antrian, petugas kurang ramah dalam melayani pasien, informasi mengenai obat dan diagnosa penyakit dijelaskan oleh petugas kurang jelas disebabkan oleh pasien yang terburu-buru dan kurang membaca informasi yang sudah ada dan pasien menunggu terlalu lama untuk diperiksa lebih dari satu jam. Hasil perhitungan metode IPA dan PGCV menunjukkan bahwa atribut yang perlu dilakukan perbaikan yaitu P6, P8, P14 dan P15. Rekomendasi untuk perbaikan menambah tenaga dokter, sinkronisasi jadwal antara pihak puskesmas dengan dokter yang bersangkutan, reward kepada petugas kesehatan dan memberikan sanksi berupa teguran bagi petugas yang tidak sopan dan ramah serta menggurangin waktu tunggu dan keterlambatan pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien.
Actions (login required)
|
View Item |