KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 49 SIAK SATU ATAP DESA MUARA BUNGKAL KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA

Amran, (2012) KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 49 SIAK SATU ATAP DESA MUARA BUNGKAL KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012246.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Kita sebagai umat islam tidak terlepas dari pembelajaran kitab suci al Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan sumber dan dasar hukum yang pertama dan utama. Karenanya mempelajari Al-Qur’an dari berbagai aspek keilmuannya sangatlah penting. Untuk mendapatkan pengetahuan secara mendalam dan mendetail dari segi bacaannya diperlukan penguasaan dan penerapan ilmu tajwid. Membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid hukumnya adalah fardhu ‘ain bagi setiap muslim. Dalam mempelajari Al-Qur’an tentulah harus dilakukan dengan kesungguhan dan kemauan yang kuat suapaya tercapai apa yang diinginkan. Untuk itu pembelajaran Al-Qur’an haruslah ditanamkan sedini mungkin, agar terbiasa dalam kehidupan mereka. Berdasarkan dari study pendahuluan yang di lakukan, penulis masih menemukan gejala-gejala, diantaranya ada sebagian siswa yang tidak mau membaca Al-Qur’an dalam kegiatan acara-acara resmi, masih ada sebahagian yang belum bisa membaca Al-Qur’an Nun Sukun dan tanwinnya, dan masih ada sebagian siswa yang enggan membaca Al-Qur’an sewaktu proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan ingin melihat bagaiamana Kemampuan Siswa Mengaplikasikan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an dan faktor-faktor Yang Mempengaruhinya di SMPN 49 Siak Satu Atap Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak Untuk menjaring data di lapangan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes, dan angket, terhadap subjek penelitian (siswa dan siswi kelas VII-VIII) kemudian wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis dengan teknik diskriftif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengaplikasikan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an di SMPN 49 Siak Satu Atap Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak, termasuk dalam ketagori mampu, hal ini dapat dilihat dari hasil akhirnya sebesar 79,17%. Kemampuan siswa mengaplikasikan ilmu tajwid dalam membaca Al Qur’an di SMPN 49 Siak Satu Atap Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak, dipengaruhi oleh kebiasaan siswa dalam membaca Al Qur’an, lingkungan keluarga yang kondusif dan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:41
Last Modified: 24 Oct 2016 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8461

Actions (login required)

View Item View Item