USAHA GURU MENDISIPLINKAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMIN DESA RANTAU PANJANG KIRI KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR

Tarmizi, (2012) USAHA GURU MENDISIPLINKAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMIN DESA RANTAU PANJANG KIRI KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012235.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana usaha guru mendisiplinkan siswa dalam proses pembelajaran karena berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ada beberapa gejala yang penulis lihat yaitu ada beberapa orang siswa yang terlambat masuk kelas ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, adanya siswa tidak mengerjakan tugas, siswa membuat keributan pada saat belajar, beberapa orang siswa tidak berpakaian menurut peraturan sekolah sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha guru mendisplinkan siswa dalam proses pembelajaran di MTs Mu’allimin desa Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir dan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha guru mendisplinkan siswa dalam proses pembelajaran di MTs Mu’allimin desa Rantau Panjang Kiri kecamatan Kubu kabupaten Rokan Hilir Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini maka penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, angket dan observasi lapangan. Kemudian data dikumpul dan disajikan selanjutnya di analisis dengan menggunakan tekhnik diskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan data dan persentasi jawaban akhir yaitu sebesar 79%, dari hasil tersebut maka usaha guru mendisiplinkan siswa dalam proses pembelajaran dikatakan optimal. Walaupun hasil akhir dari persentasi jawaban dengan kategori optimal namun ada beberapa hal yang belum dilakukakan guru dalam usaha mendisiplinkan siswa dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya pengawasan dari guru, guru belum bisa mengatasi beberapa orang siswa yang bandel atau sering melanggar kedisiplinan dan kurangnya ketegasan guru dalam mengatasi siswa yang ribut pada saat belajar. Kurangnya pengawasan dari guru maka akan memberi peluang bagi siswa untuk melanggar kedisiplin hal ini sesuai dengan fenomena yang ditemukan dilapangan yaitu adanya beberapa orang siswa yang belum masuk kelas pada saat jam belajar, siswa mengeluarkan bajunya, siswa datang terlambat tanpa sepengatahuan dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:38
Last Modified: 24 Oct 2016 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8460

Actions (login required)

View Item View Item