HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DALAM BIDANG STUDI FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN BAHRUL’ULUM KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Siti Aisyah, (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DALAM BIDANG STUDI FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN BAHRUL’ULUM KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012229.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi, yaitu penelitian yang berusaha mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun teknik korelasi dalam penelitian ini adalah teknik Korelasi Koefisien Kontingensi (Contingensi Coefficient Correlation). Teknik ini digunakan apabila dua buah variabel berbentuk kategori atau merupakan gejala ordinal. Dalam penelitian ini, ada dua variabel yang telah dikorelasikan yaitu variabel X (Motivasi Belajar) dan variabel Y (Kebiasaan Belajar) dengan rumusan masalah: “Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa dalam bidang studi Fiqih Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar?” Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Karena populasi kurang dari 100 orang melainkan hanya 95 orang, maka tidak diambil sampel sehingga menjadi penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan program komputer SPSS dengan rumus Crosstabs. Hasil akhir dari penelitian ini adalah, ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar dalam bidang studi Fiqih siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data melalui program SPSS yaitu sebesar 0,370 lebih besar dari harga r , baik pada taraf signifikan 1% (0,267) maupun pada taraf 5% (0,205). Ini berarti H diterima dan H ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:09
Last Modified: 24 Oct 2016 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item