PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK SCRABBLE REVIEW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH NABI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGRI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Wardiana, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK SCRABBLE REVIEW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH NABI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGRI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012220.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di SD Negri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, ditemui gejala-gejala yaitu : Ketika pembelajaran siswa cenderung diam dan tidak ada keinginan unruk bertanya. Anak sering melamun ataupun bercerita dengan teman sebangku ketika gutu menerangkan materi pelajaran didepan kelas. Ada sebagian siswa yang jarang mengerjakan tugas yang diberikan guru, baik berupa (pekerjaan rumah) PR maupun tugas di sekolah. Hal ini mengindikasikan rendahnya motivaasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas. Sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa peneliti menerapkan Pembelajaran Teknik Scrabble Review dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Penerapan Pembelajaran Teknik Scrabble Review Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan tujuan agar penelitian berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun beberapa tahapan diantaranya, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dijelaskan bahwa motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa IV SD Negri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, Sebelum dilakukan tindakan mencapai 48,33% berada pada interval 40% – 55% tergolong kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 65,42% berada pada interval 56% – 75% tergolong cukup baik. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata 79,17% berada pada interval 76%-100% dengan kategori baik. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian penerapan pembelajaran teknik Scrabble Review dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:06
Last Modified: 24 Oct 2016 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item