Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID MELALUI TIPE GUIDED TEACHING PADA BAHASAN IMAN KEPADA RASUL ALLAH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 022 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Nurlaili (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID MELALUI TIPE GUIDED TEACHING PADA BAHASAN IMAN KEPADA RASUL ALLAH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 022 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012191.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar murid dengan menggunakan strategi pembelajaran Strategi Active Tipe Guided Teaching Pada Murid Kelas V SDN 002 Desa Pantai Cermin. Gejala umum yang ditemukan pada pra penelitian ini antara lain: Kurangnya ketekunan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, kurangnya rasa ketertarikan siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya pemusatan perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. kurangnya rasa keingintahuan siswa terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil observasi pada data awal sebelum tindakan, motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 37,1%. dengan kategori rendah. Kemudian berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa mencapai rata-rata persentase 60,4% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 78,0% dengan kategori baik. Setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus atau empat kali pertemuan tersebut maka motivasi belajar murid kelas V SD 002 Desa Pantai Cermin siswa sudah dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:43
Last Modified: 21 Oct 2016 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8453

Actions (login required)

View Item View Item