Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLETERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTsN 8 KAMPAR

SRI NANDA YANI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLETERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTsN 8 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI NANDA YANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Nanda Yani (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Example NonExample Terhadap Hasil Belajar IPS di MTsN 8 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar Tahun 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS diantaranya, hasil belajar siswa belum mecapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 71 dan kurangnya keterampilan siswa dalam pelaksanaan pekerjaan yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 90 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII 1 dan VIII 2 sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotessi (uji T). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 8 Kampar, bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu kelas eksperimen 82,10 dan kelas kontrol yaitu 76,65. Sedangkan berdasarkan analisis uji tes t menunjukkan bahwa t hitung > ttabel taraf signifikan 5% yaitu 4,546 > 1,673 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Model Example Non Example, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUKMA ERNI, -2015056801sukma.erni@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:45
Last Modified: 15 Nov 2024 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84523

Actions (login required)

View Item View Item