Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGKO BAGANSIAPIAPI

KHOIRANI, - (2024) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGKO BAGANSIAPIAPI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHOIRANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK Khoirani, (2024) : Pengaruh Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar lmu Pengetahuan Sosial Siswa Smp Negeri 1 Bangko Bagan siapi-Api Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh ice breaking terhadap konsentrasi belajar IPS siswa di SMP Negeri 1 Bangko Bagansiapiapi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya konsentrasi belajar siswa dalam mencari dan memecahkan masalah soal-soal yang diberikan guru dan juga siswa cepat bosan pada tugas-tugas rutin yang diberikan guru. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment dan desain yang digunakan yaitu non-equivalent control-group. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah kelas VIII dengan jumlah 314 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII.6 berjumlah 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.10 berjumlah 30 sebagai kelas control. Teknikpengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji validitas dan realibitas lembar angket konsentrasi belajar siswa yang disebarkan di kelas VIII.5. analisis data uji hipotesis penelitian dibantu aplikasi spss versi 55 dan mengujinya menggunakan uji independent samplet t test dengan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 67.70 sedangkan rata-rata posttest kelas control 64.10 hal ini dapat diketahui dari thitung (3.141) > ttabel (1.671). Dari hasil perhitungan effect size sebesar 0,40 dengan demikian pengaruh penggunaan ice breaking terhadap konsentrasi belajar siswa memiliki pengaruh dengan kategori modest effect (efek sederhana). Kata Kunci: Ice Breaking, Konsentrasi belajar, Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALIMUDDIN HASAN, -2024096601alimuddin.hasan@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:29
Last Modified: 13 Nov 2024 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84503

Actions (login required)

View Item View Item