Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Kuantan Mudik

Ramalia Asra, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Kuantan Mudik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ramalia Asra, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Kuantan Mudik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS diantaranya siswa masih kurang dalam menganalisis suatu permasalahan saat menjawab pertanyaan. Adapun jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah kelas VII dengan Jumlah 65 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes essay dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalis, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran word square, dan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 85,71%. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel atau (4.259 > 1,682) dan Sig. (2.Tailed) 0.000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kuantan Mudik. Kata Kunci: Word Square, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohani, -2022066701rohani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:18
Last Modified: 13 Nov 2024 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84493

Actions (login required)

View Item View Item