Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILL) SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

NOVIA RAHAYU, - (2024) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILL) SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

ABSTRAK Novia Rahayu(2024):Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rupat Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang signifikan antara metode problem solving terhadap kemampuan berpikir tinggi siswa di SMP Negeri 2 Rupat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran IPS, diantaranya siswa kurang mampu menganalisis informasi yang masuk atau merestruktur informasi pada bagian yang lebih kecil dan siswa kurang mampu mengorganisasikan unsur- unsur yang menjadi struktur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Adapun jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah kelas VII yang berjumlah 86 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII A dan VII B yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T dengan bantuan Software SPSS versi 29. Berdasarkan hasil perhitungan t hitung > t atau 4.828 > 1.673, maka H o ditolak dan H a tabel diterima. Adapun presentase pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dari hasil perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 53,84 atau 53,8%, sedangkan 46,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohani, -2022066701rohani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:16
Last Modified: 13 Nov 2024 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84492

Actions (login required)

View Item View Item