RIZKA FADILA, - (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (21MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
ABSTRAK RIZKA FADILA, (2024): Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utamanya yaitu waka kurikulum dan informan pendukungnya yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 4 Pekanbaru melakukan beberapa kegiatan seperti a) Perencanaan manajemen yang dilakukan di SMK Negeri 4 Pekanbaru yaitu melakukan rapat dengan seluruh guru dan tenaga kependidikan, tentunya juga dengan melibatkan komite sekolah membahas kesiapan pembelajaran untuk tahun ajaran baru, dengan membuat modul ajar secara mandiri dengan cara memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan merencanakan pembelajaran dan asesmen. b) Pelaksanaan yang dilakukan di SMK Negeri 4 Pekanbaru yaitu belajar mengajar intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), dan ektrakurikuer. c) Evaluasi yang dilakukan di SMK Negeri 4 Pekanbaru yaitu dengan cara melihat dari ketepatan sasaran seperti melakukan supervisi yang telah terjadwal setiap semesternya. 2) Kendala dalam Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 4 Pekanbaru yaitu tenaga pendidik yang kurang memahami apa itu kurikum merdeka, tidak semua guru mendapatkan pelatihan kurikulum merdeka, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan proyek pada kurikulum merdeka juga masih membingungkan siswa sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kurikulum, Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:18 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:18 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84478 |
Actions (login required)
View Item |