PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI KELAS II MADRASAH ALIYAH NEGERI DUMAI KOTA DUMAI

Adam Abdullah, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI KELAS II MADRASAH ALIYAH NEGERI DUMAI KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012110.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Adapun perumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model Konvensional pada pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Dumai Kota Dumai”?. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas II Madrasah Aliyah Negeri Dumai Kota Dumai melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu membedakan antara hasil belajar siswa yang memakai model pembelajaraan Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dengan memakai Model Pembelajaran Ceramah (Konvensional) di Madrasah Aliyah Negeri Dumai Kota Dumai. Adapun sampel dari penelitian ini adalah kelas yang mempunyai kemampuan yang homogen yaitu kelas II A 25 orang siswa dan Kelas II B 25 orang siswa di Madrasah Aliyah Negeri Dumai Kota Dumai. Setelah data diproses, dari hasil perhitungan data statistik uji-t dimana t hitung sebesar 2,67 kemudian dikompirmasikan dengan tabel t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% (α) = 5% = 0,05 dk= n1+n2-2 maka diperoleh nilai t tabel adalah 2,01. t hitung > t tabel atau 2,67 > 2,01. Kesimpulan ada perbedaan hasil belajar siswa antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan, yaitu Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas II B Madrasah Aliyah Negeri Dumai Kota Dumai dalam pokok bahasan “Tasawuf”, dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Begitu juga untuk pokok bahasan “Perilaku Terpuji” perhitungan data statistik uji-t dimana t hitung sebesar 4,34 kemudian dikompirmasikan dengan tabel t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% (α) = 5% = 0,05 dk= n1+n2-2 maka diperoleh nilai t tabel adalah 2,01. t hitung > t tabel atau 4,34 > 2,01. Jadi dapat disimpulkan “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasil belajar”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Oct 2016 06:51
Last Modified: 21 Oct 2016 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item