PELAKSANAAN STRATEGI JURNAL BELAJAR PADA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MTS AL-HUDA PEKANBARU

Liza Wati, (2012) PELAKSANAAN STRATEGI JURNAL BELAJAR PADA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MTS AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012102.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Strategi jurnal belajar adalah sebuah catatan reflektif atau diari yang dibuat oleh siswa dari hari ke hari. Jurnal belajar yang dimaksud di sini adalah siswa diminta untuk menggambarkan secara tertulis pengalaman belajar yang telah mereka jalani, mereka akan terdorong untuk menyadari apa yang mereka alami dan mampu mengungkapkan secara tertulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi jurnal belajar pada pelajaran fiqih siswa kelas VII Mts Al-Huda Pekanbaru dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi strategi jurnal belajar pada pelajaran Fiqih siswa kelas VII MTS Al-Huda Pekanbaru. Selanjutnya hasil penelitian ini menjadi informasi kepada pihak pengelola yayasan dan kepada Fakultas Tarbiyah UIN Suska juga sebagai syarat bagi penulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan (S.Pd.I) pada Fakultas Tarbiyah dan keguruan Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penulisan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Kualitas pelaksanaan strategi jurnal belajar pada pelajaran Fiqih siswa kelas VII MTs Al-Huda Pekanbaru tergolong baik, pernyataan di atas dapat dilihat dari standar yang telah penulis buat yaitu: - Pelaksanaan guru baik apabila persentase berada pada 76-100% - Pelaksanaan guru cukup baik apabila persentase berada pada 56-75% - Pelaksanaan guru kurang baik apabila persentase berada pada 40-55% - Pelaksanaan guru tidak baik apabila persentase berkisar antara 0-40% Sedangkan analisa hasil observasi mencapai 77,7% yang terletak pada kategori 76-100% dikatakan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi jurnal belajar pada pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs AL-Huda pekanbaru yaitu : 1. Faktor internal (faktor pendidikan guru, pengetahuan guru, pengalaman guru). 2. Faktor eksternal (sarana dan prasarana, alokasi waktu)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:52
Last Modified: 20 Oct 2016 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item