HUBUNGAN AKTIVITAS KERJA KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH DARUL DAKWAH WAL-IRSYAD PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH KABUPATEN INHIL

Jumaroh, (2012) HUBUNGAN AKTIVITAS KERJA KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH DARUL DAKWAH WAL-IRSYAD PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH KABUPATEN INHIL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012101.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Dalam komponen unsur-unsur pendidikan, salah satu yang paling penting adalah siswa. Dimana setiap siswa memiliki peranan penting dan tanggung jawab untuk menuju dan menjadi siswa yang bertaraf kematangan baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan adanya aktivitas siswa yang baik diantaranya beraktivitas dengan baik dalam kerja kelompok, maka mutu prestasi yang akan didapat tercapai dengan baik. Siswa yang beraktivitas dengan baik dalam kerja kelompok akan lebih mengerti dengan materi yang di pelajari, maka akan mengakibatkan terbentuknya prestasi belajar yang tinggi bagi siswa itu sendiri. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan masih ada siswa yang belum mampu beraktivitas dan aktif dalam kerja kelompok dengan baik. Gejala tersebut adalah masih ada siswa yang masih belum memiliki persiapan baik bahan atau mempelajari materi yang akan dikerjakan dalam kerja kelompok, masih ada siswa yang belum bisa menjawab pertanyaan dalam aktivitas kerja kelompoknya dan masih ada siswa yang belum mampu membuat kesimpulan setelah kerja kelompoknya selesai. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul: Hubungan Aktivitas Kerja Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Darul Dakwah Wal-Irsyad Pulau Kijang Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Dan untuk memudahkan penulis meneliti masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada hubungan yang signifikan anatara aktivitas kerja kelompok terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (Aktivitas Kerja Kelompok) dan variabel y (Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Karena data penelitian itu bersifat data interval, maka data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan “product moment “. Berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan aktivitas kerja kelompok terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Aliyah Darul Dakwah Wal-Irsysad Pulau Kijang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:51
Last Modified: 20 Oct 2016 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item