PERBANDINGAN KOMPETENSI PROFESIONAL ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM SERTIFIKASI DAN YANG BELUM MENGIKUTI PROGRAM SERTIFIKASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Nurry Marfu’ah, (2012) PERBANDINGAN KOMPETENSI PROFESIONAL ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM SERTIFIKASI DAN YANG BELUM MENGIKUTI PROGRAM SERTIFIKASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201299.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian komparasi yang berusaha membandingkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam antara yang telah mengikuti program sertifikasi dan yang belum mengikuti program sertifikasi pada Sekolah Menengah Pertama se kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, penulis menemukan gejala-gejala pada guru Pendidikan Agama Islam, antara lain: pengembangan metode pembelajaran guru lebih didominasi dengan metode ceramah dan kurang mengoptimalkan pengaplikasian metodologi dan strategi belajar lainnya, guru masih berpatokan kepada buku paket dalam kegiatan belajar mengajar, dan hanya mengambil contoh berdasarkan buku paket tersebut, dan beberapa gejala-gejala lainnya yang akan di bahas dalam laporan penelitian yang peneliti tulis. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kecamatan Rumbai Pesisir. Subjek penelitianya adalah guru Pendidikan Agama Islam yang telah mengikuti program sertifikasi dan yang belum mengikuti program sertifikasi sebanyak 11 orang guru. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam se kecamatan Rumbai Pesisir. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik komparasi bivariat untuk sampel kecil yang tidak berkorelasi. Untuk mengumpulkan data tentang kompetensi professional guru, penulis menggunakan teknik observasi. Setelah data dianalisa, ditemukan harga tobservasi -1,14 lebih kecil dari harga ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Dengan cara lain dapat dituliskan dengan (2,26 > -1,14 < 3,25). Dengan demikian Ha ditolak dan Ho diterima, yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam yang telah dan yang belum mengikuti program sertifikasi di Sekolah Menengah Pertama se kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:49
Last Modified: 20 Oct 2016 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item