PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Dewi Sartika, (2012) PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201298.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak merupakan tanggung jawab orang ma, karena orang tua dikenal dengan istilah pendidik yang pertama dan utama bagi anak. Namun karena fungsi dan peranan orang tua sudah sangat kompleks, orang tua menyerahkan pendidikan anaknya ke jenjang pendidikan formal yang kita sebut dengan sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ditemukan gejala-gejala sebagai berikut rata-rata siswa yang memiliki orang tua dengan ekonomi lemah memiliki hasil belajar di bawah ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah (70), siswa saat berada di luar sekolah lebih sering kerja untuk menambah uang saku mereka, orang tua sisa yang sibuk bekerja kurang mampu memperhatikan anaknya dalam belajar, sehingga hasil belajar anak kurang bagus. Tujuan penelitian iin adalah Untuk mengetahui Pengaruh Partisipasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa di SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar berjumlah 142 orang sedangkan sampel 25% dan populasi. Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian ini korelasi product momen Berdasarkan perhitungan di atas maka diketahui bahwa nilai r = 0,526 sedangkan r tabel untuk n 35 pada a = 0.05 adalah 0.320, karena r hitung > r tabel atau, 0.526 > 0.320, dengan demikian variabel X (partisipasi orang tua dan variabel Y (hasil belajar siswa) terdapat pengaruh. Besarnya pengaruh kedua variabel adalah 27.7%. Oleh sebab itu hipotesis yang dikemukakan yaitu diduga terdapat pengaruh yang signifikan partisipasi orangtua terhadap hasil belajar di lingkungan SMPN 4 Tambang Kabupaten kampar “diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:47
Last Modified: 20 Oct 2016 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item