Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR

ANNISA FADHILA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA FADHILA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Fadhila (2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemodelan Matematika Ditinjau dari Gaya Berpikir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya berpikir. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya fakta yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian, yaitu desain faktorial eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemodelan matematika, lembar angket gaya berpikir, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. 3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan gaya berpikir terhadap kemampuan pemodelan matematika. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya berpikir di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kata Kunci: Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemodelan Matematika, Gaya Berpikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGranita, -2018057204granitafc@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:25
Last Modified: 29 Oct 2024 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84354

Actions (login required)

View Item View Item