Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA MTS

INNEKE SALSABILLA INDRIANI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALSABILLA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Inneke Salsabilla Indriani : Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa MTS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTS Negeri 3 Indragiri Hilir dengan sampel penelitian kelas VIII.3 sebagi kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Istrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan penalaran matematis, angket self efficacy, lembar observasi guru. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil Kesimpulan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran MID dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi anatra model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis. Dengan demikian, secara umun dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional design (MID) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematsi ditinjau dari self efficacy siswa di MTS Negeri 3 Indragiri Hilir. Kata kunci : Model Meaningful Instructional Design (MID), Kemampuan Penalaran Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDepi Fitraini, -2023088901depi.fitraini@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:21
Last Modified: 29 Oct 2024 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84352

Actions (login required)

View Item View Item