Dina Kusmita (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201276.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( classroom action reseach) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang diperoleh oleh murid. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperbaiki pola dalam proses pembelajaran yang sangat diharapkan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupten Kampar ditemui beberapa gejala seperti: 1. Dari 14 murid hanya 7 orang (50%) murid yang memperoleh nilai di atas KKM, 2. Murid terkesan sulit memahami materi yang disampaikan ini terlihat lebih dari 50% murid jarang menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh gurunya, 3. murid kurang memiliki keberanian untuk bertanya ketika pembelajaran berlangsung. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran learning start with a question dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek atau sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas V Sekoah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah murid sebanyak 14 orang murid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar murid dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar murid yaitu pada pertemuan sebelum tindakan hasil tes belajar murid dengan nilai rata-rata 62,7 dengan ketuntasan kelas 57% dan pada siklus pertama hasil tes belajar murid naik dengan nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan kelas 71,4%, sedangkan pada siklus kedua hasil tes belajar murid naik lagi dengan nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan kelas 85,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question apabila diterapkan secara benar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8433 |
Actions (login required)
View Item |