PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK KREATIVITAS DALAM TINDAKAN EKONOMI SISWA KELAS VII MTs AL-HUDA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Naimar, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK KREATIVITAS DALAM TINDAKAN EKONOMI SISWA KELAS VII MTs AL-HUDA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011645.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VII MTs Al-Huda Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru melalui penggunaan pembalajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). . Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi, dan mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Anas Sudijono. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata persentase secara klasikal adalah 43,8%, sedangkan pada siklus pertama pertemuan kedua motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi meningkat dengan perolehan nilai rata-rata persentase secara klasikal adalah 54%, dan pada siklus 2 pertemuan kedua motivasi belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata persentase secara klasikal adalah 84%. Artinya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi meningkat dan penelitian ini berhasil karena nilai rata-rata persentase motivasi belajar siswa memperoleh 84%, melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Al-Huda Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Pada Materi Pokok Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi, dapat “diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:37
Last Modified: 14 Jan 2016 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item