Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Arnida Nelly Hasibuan, Arnida (2024) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku penyimpangan sosial yang sudah meresahkan dunia pendidikan. Guru BK dalam menangani kasus bullying verbal di sekolah. Mereka dapat memberikan konseling kepada korban dan pelaku bullying verbal, memberikan pendekatan yang memahami dan empati terhadap masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku bullying verbal, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling dalam menangani perilaku bullying verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah koordinator BK dan guru BK sedangkan informan pendukung 4 siswa. Objek penelitian ini adalah Peran Guru BK dalam menangani bullying verbal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru BK dalam menangani bullying verbal yaitu: guru BK memberikan layanan klasikal, layanan individual, layanan informasi, bimbingan individual dan kelompok, karena dengan cara itu memberikan layanan tersebut peserta didik lebih mudah mengungkapkan apa-apa yang menjadi beban dalam hidupnya dan masalah yang sedang dihadapinya. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam menangani bullying verbal yaitu: a) faktor pendukung melakukan dengan cara, yaitu memberikan layanan aplikasi instrumen data secara khusus. b) faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana yang tidak memadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRISWANI, -2015106601UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Bimbingan Konseling, Bullying Verbal
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:49
Last Modified: 24 Oct 2024 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84287

Actions (login required)

View Item View Item