Alya Windiska, Alya (2024) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TEMBILAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran guru BK dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa, 2) Faktor pendukung guru BK dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa, (3) Faktor penghambat guru BK dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan utama adalah 3 orang guru BK dan informan tambahan adalah 3 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini diantaranya (1) Peran guru BK dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa meliputi peran sebagai motivator, pembimbing, pengembangan potensi diri, informator. (2) Faktor pendukung guru BK membentuk kecerdasan spiritual adalah kepribadian siswa yang terbiasa melaksanakan ibadah, kerjasama antar sesama guru BK di sekolah, lingkungan keluarga yang keislamannya tinggi, serta adanya organisasi rohis di sekolah. (3) Faktor penghambat peran guru BK membentuk kecerdasan spiritual adalah kepribadian siswa yang tidak terbiasa beribadah, lingkungan keluarga yang jarang beribadah, keasyikan bermain gadget, dan mushola sekolah yang terbatas termpatnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peranan, Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Spiritual | ||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Oct 2024 04:57 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2024 04:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84286 |
Actions (login required)
View Item |