Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG

Husniati (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013254PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar IPS siswa variabel X, dan penggunaan strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 - Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data nilai siswa pada perbaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum tindakan rata-rata 43% dengan klasifikasi rendah, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan menjadi 53% dengan klasifikasi sedang, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan menjadi 64% dengan klasifikasi sedang. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan menjadi 77% dengan klasifikasi tinggi. Hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan lagi menjadi 86% dengan klasifikasi tinggi pada siklus II pertemuan kedua. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:37
Last Modified: 19 Oct 2016 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item