PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELARATED INSTRUCTION (TAI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN SUNGAI APIT KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK

Suryani, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELARATED INSTRUCTION (TAI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN SUNGAI APIT KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013253PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari latarbelakang permasalahan yang diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak sangat rendah. Hal ini diketahui dari penelitian awal yang dilakukan peneliti di sekolah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan upaya perbaikan mutu pembelajaran matematika siswa melalui penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan bangun ruang di kelas V MIN Sungai Apit. Tindakan yang diterapkan adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pembelajran koorperatif tipe TAI pada materi bangun ruang dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran observasi dan lembar tes. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan TAI, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa mengenai materi yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Berdasarkan data hasil pengamatan pada MIN Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak, terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya hasil tes siklus I nilai rata-rata 48,5, siswa yang tuntas belajar secara klasikal mencapai 20%. Siklus II nilai rata-rata 56,5, dengan persentase ketuntasan klasikal 50%. Siklus III nilai rata-rata 68,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:35
Last Modified: 19 Oct 2016 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item