Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU DALAM REHABILITASI SOSIAL TERHADAP ANAK JALANAN BERDASARKAN PERATURAN WALIKOTA NOMOR 97 TAHUN 2016 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU

REYDAN PUTRA ALFAYI, - (2024) PERAN DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU DALAM REHABILITASI SOSIAL TERHADAP ANAK JALANAN BERDASARKAN PERATURAN WALIKOTA NOMOR 97 TAHUN 2016 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REYDAN PUTRA ALFAYI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

ABSTRAK Reydan Putra Alfayi, (2024) : Peran Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dalam Rehabilitasi Sosial Terhadap Anak Jalanan Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 97 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Sosial Kota Pekanbaru Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan mengenai pelaksanaan rehabilitasi sosial terhadap anak jalanan yang belum terlaksana secara maksimal, ditemukan fakta yang terjadi dilapangan bertentangan dengan apa yang terdapat dari isi peraturan hukum yang berlaku. ketidaksesuaian isi dari Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 97 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Sosial Kota Pekanbaru dengan peran Dinas Sosial dalam rehabilitai sosial terhadap anak jalanan di kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peran Dinas Sosial Kota Pekanbaru dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial terhadap anak jalanan berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 97 Tahun 2016 dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi peran dinas sosial kota pekanbaru dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial terhadap anak jalanan. Jenis penelitian adalah hukum empiris yang bersifat deskriptif. Penelitian langsung ke lapangan yang berlokasi di Dinas Sosial. Informan penelitian terdiri dari 15 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, 1 orang Kepala Seksi Rehabilitasi dan Perlindungan Anak, 2 orang Petugas Satuan Tugas Dinas Sosial, 5 orang anak jalanan dan 6 orang tokoh masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, studi Pustaka dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian terhadap peran Dinas Sosial dalam rehabilitasi sosial terhadap anak jalanan masih belum terlaksana secara optimal ditemukan fakta bahwa dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial terdapat tidak berjalannya isi peraturan hukum yang berlaku dengan penerapannya dilapangan, hal ini dikarenakan terdapat faktor-faktor yang dihadapi dan mempengaruhi dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial terhadap anak jalanan diantaranya terkendala pada anggaran/dana yang terbatas, sarana prasarana yang tidak memadai, dan kurangnya sosialisasi dengan masyarakat.. Kata Kunci: Peran, Dinas Sosial, Rehabilitasi Sosial, Anak Jalanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRudiadi, -2004089004-
Thesis advisorFirdaus, -2002106601-
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Oct 2024 09:08
Last Modified: 18 Oct 2024 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84232

Actions (login required)

View Item View Item