Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN PESERTA DIDIK OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di MA Pondok Pesantren Modern AL-Majidiyah Rokan Hilir)

Khoirunnisa, Nisa (2024) PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN PESERTA DIDIK OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di MA Pondok Pesantren Modern AL-Majidiyah Rokan Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru bimbingan dan konseling tentang layanan peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013 di MA Pondok Pesantren Modern AL-Majidiyah, serta faktor yang mempengaruhi guru bimbingan dan konseling tentang layanan peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian yaitu 5 orang guru BK yang membimbing siswa kelas X di MA Pondok Pesantren Modern AL-Majidiyah, dan 3 orang siswa yang direkomendasikan guru BK untuk melakukan wawancara. Data dikumpulkan melalui interview atau wawancara dan dokumentasi. Hasil dari wawancara yang telah dilakukan dengan guru BK dan siswa yakni prosedur program layanan peminatan yang telah dilakukan dengan lengkap sesuai dengan prosedur dari kurikulum 2013. Prsoedur yang dilakukan juga sesuai dengan pokok peminatan yang dirumuskan oleh ABKIN dan oleh Kemendikbud yaitu langkah pertama pengumpulan data dan informasi tentang peserta didik, langkah kedua informasi arah peminatan, langkah ketiga identifikasi dan penetapan peminatan, langkah keempat penyesuaian, dan langkah kelima monitoring dan tindak lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, guru BK di MA Pondok Pesantren Modern AL-Majidiyah menunjukan bahwa faktor diri orang yang bersangkutan, sasaran layanan, dan situasi telah mempengaruhi mereka terkait pelaksanaan program layanan peminatan dalam implementasi kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTohirin, -2012086701-
Uncontrolled Keywords: Layanan peminatan dan implementasi kurikulum 2013
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Oct 2024 09:02
Last Modified: 18 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84230

Actions (login required)

View Item View Item