Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN TERHADAP PELAPORAN SPT KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PEKANBARU SENAPELAN

MUHAMMAD ZAKI PRATAMA, - (2024) PELAKSANAAN PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN TERHADAP PELAPORAN SPT KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PEKANBARU SENAPELAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ZAKI PRATAMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Zaki Pratama, (2024): Pelaksanaan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan Terhadap Pelaporan SPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh jumlah Wajib Pajak terdaftar tidak sebanding dengan jumlah Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) yang dilaporkan. Hal ini mencerminkan kurangnya kepatuhan Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, sebagaimana yang diamanatkan oleh Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan di wilayah KPP Pratama Pekanbaru Senapelan. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana praktek pelaksanaan pelaporan SPT di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan. Apa saja faktor penghambat kepatuhan pelaporan SPT berdasarkan UU No. 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek pelaksanaan pelaporan SPT di KPP Pratama Pekanbaru Senapelan, mengatahui faktor-faktor penghambat kepatuhan pelaporan SPT berdasarkan UU No. 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Yuridis Sosiologis. Lokasi Penelitian adalah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan. Informan Penelitian berupa pejabat Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) untuk orang pribadi dan badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan tersedia melalui e-Filing dan manual, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009. Meskipun terjadi peningkatan jumlah wajib pajak terdaftar setiap tahunnya, tingkat pelaporan SPT masih belum optimal. Kendala seperti kesibukan dan masalah teknis dalam akses e-Filing menjadi faktor utama yang menghambat kesadaran wajib pajak untuk melaporkan SPT tepat waktu, ditambah dengan rendahnya pemahaman akan kontribusi pajak terhadap pembangunan negara. Kata Kunci: SPT, e-Filing, Kepatuhan pajak, Kendala pelaporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:18
Last Modified: 18 Oct 2024 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84225

Actions (login required)

View Item View Item