PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI APIT KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK

Nurmiati, (2013) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI APIT KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013249PGMI.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MIN Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak tahun Ajaran 2011/2012 M melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya “ Bagaimana Penerapan Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MIN Sungai Apit,Kecamatan Sabak Auh dengan materi Pokok bahasan Pengukuran dan Geometri, Sub pokok bahasan Hubungan antar satuan panjang ? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dimana Guru yang menerapkan pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Peneliti yang melakukan observasi berdasarkan aspek yang ada dalam metode yang digunakan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Setelah mendapatkan data hasil belajar siswa, data tersebut kemudian dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa tanpa tindakan rata-rata secara klasikal 45 % , sedangkan pada siklus I 65 % berarti ada peningkatan dari tanpa tindaka ke siklus I sebesar 20 %, dilanjutkan pada siklus II 80 % berarti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15 % . Maka dapat dijelaskan dua kali pertemuan atau dua siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar Berdasarkan analisis data persentase kegiatan yang dilakukan oleh guru pada siklus I 71.42 % dengan katagori kurang berhasil, sedangkan pada siklus II sebesar 85,72 %, dengan katagori berhasil. Maka dapat dijelaskan penerapan Pemebelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN Sungai Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak tahun Ajaran 2011/2012 M dapat dikatakan berhasil . Maka dapat dijelaskan penerapan Pemebelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN Sungai Apit, dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan langkah-langkah sesuai RPP II dan RPP III ( Siklus I dan Siklus II) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MIN Sungai Apit dengan materi Pokok bahasan Pengukuran dan Geometri, Sub pokok bahasan Hubungan antar satuan panjang .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:26
Last Modified: 19 Oct 2016 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item