IRMA SRI WAHYUNI, - (2024) ANALISIS PROMOTION MIX TERHADAP MINAT NASABAH PRODUK GADAI EMAS DI BSI KCP PEKANBARU SUDIRMAN ATAS PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Sedikitnya jumlah nasabah yang mengambil produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas padahal gadai emas ini telah berjalan sejak awal tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan promotion mix produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas, menjelaskan pengaruh promotion mix secara parsial maupun simultan terhadap minat nasabah produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas, dan untuk menjelaskan tentang tinjauan ekonomi syariah terhadap promotion mix produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 38 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunkan teknik sampel jenuh atau total sampling. Data primer yang digunakan berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Teknik Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda, uji korelasi parsial (t), uji simultan (f), dan Koefisien determinasi (R2) yang diuji menggunakan SPSS 26 dan Axcel 2019. Pelaksanaan promotion mix di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas melalui 4 bauran promosi yakni periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan publisitas. Hasil pengujian regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 3,172 + 0,225 X1 + 0,161 X2 + 0,313 X3 + 0,213 X4. Hasil pengujian hipotesis secara parsial variabel periklanan (X1), variabel penjualan personal (X2), variabel promosi penjualan (X3), dan variabel publisistas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Kemudian hasil uji secara simultan variabel periklanan (X1), variabel penjualan personal (X2), variabel promosi penjualan (X3), dan variabel publisistas (X4) secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Hasil uji koefisiensi determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,791 yang berarti kontribusi variabel periklanan, penjualan personal, dan publisitas mempengaruhi variabel minat nasabah produk gadai emas sebesar 79,1%, sedangkan sisanya sebesar 20,9% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan tinjauan ekonomi syariah promosi yang dilakukan oleh BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas telah sesuai dengan etika bisnis Islam yakni jujur dan tidak menyembunyikan cacat produk, tidak bersumpah palsu serta tidak menjelek-jelekkan produk lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2024 07:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:05 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84203 |
Actions (login required)
View Item |