Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI MELALUI CHILD CENTERED PLAY THERAPY DALAM MENINGKATKAN HARGA DIRI ANAK SLOW LEARNER DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AR-RAHIM PEKANBARU

VINNA INDAH CAHYATI, - (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI MELALUI CHILD CENTERED PLAY THERAPY DALAM MENINGKATKAN HARGA DIRI ANAK SLOW LEARNER DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AR-RAHIM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - VINNA INDAH CAHYATI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)

Abstract

ABSTRAK Vinna Indah Cahyati (2024) : Efektivitas Layanan Bimbingan Pribadi Melalui Child Centered Play Therapy Dalam Meningkatkan Harga Diri Anak Slow Learner Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru Penelitian ini membahas tentang efektivitas layanan bimbingan pribadi melalui child centered play therapy dalam meningkatkanharga diri anak slow learner di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan Ar-Rahim, Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui apakah layanan bimbingan pribadi dengan child centered play therapy efektif untuk meningkatkan harga diri anak slow learner di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)Panti Asuhan Ar-Rahim, Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan quasi eksperimen kuantitatif dengan One-Group Pretest-Postest sebagai desain penelitian. Subjek populasi sebanyak 40 anak dengan sampel yang di ambil 23 anak panti asuhan yang di peroleh melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analsisi uji paired sample t-test dan analisis jalur (path analysis), dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS Versi 25.0 (Statiscal Product And Servise Solutions) for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat adanya pengaruh yang siginifikan antara bimbingan pribadi terhadap harga diri anak slow learner di panti asuhan ar-rahim dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar (0,00 < 0,05) taraf signifikansi 5%. Namun setelah dilakukan uji analisis jalur hasil menunjukan bahwa tidak terdapat adanya pengaruh signifikan antara child centered play therapy terhadap harga diri anak slow learner dengan nilai sig. (0,481 > 0,05), kemudian dilakukan uji mediasi yang menunjukan bahwa CCPT tidak terbukti memberikan pengaruh mediasi yang signifikan antara layanan bimbingan pribadi dan harga diri anak slow learner, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Layanan bimbingan pribadi melalui Child Centered Play Therapy belum terbukti efektif dalam meningkatkan harga diri anak slow learner di Panti Asuhan Ar-Rahim, Pekanbaru. Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Harga Diri Anak Slow Learner, Child Centered Play Therapy (CCPT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUHAIMI,, -2003046201suhaimi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Oct 2024 07:02
Last Modified: 16 Oct 2024 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84202

Actions (login required)

View Item View Item