PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG

Muryati, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013245PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: adanya sebahagian siswa yang tidak bisa berbicara mengunakan bahasa Indonesia, adanya sebahagian siswa yang belum mampu mengunakan vokal dengan tepat, kebanyakan siswa belum mampu berkomunikasi dengan baik secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan tata bahasa atau susunan kata, dan masih banyak siswa yang berbahasa Indonesia dengan menggunakan intonasi bahasa daerah. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara dalam berinteraksi melalui strategi Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 23 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Role Playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kemampuan berbicara siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang sebelum diadakan tindakan berada pada posisi rendah dengan nilai 296 rata-rata 59,2 %. Setelah diadakan siklus I dengan 2 kali pertemuan angka tersebut berubah naik menjadi 377, rata-rata 75,4 %. Sedangkan pada siklus II dengan 2 kali pertemuan ternyata kemampuan berbicara siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir ini ternyata naik lagi menjadi 415, rata-rata 83 %. Artinya ada peningkatan kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:18
Last Modified: 19 Oct 2016 06:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8417

Actions (login required)

View Item View Item