PENERAPAN METODE ALAT BANTU MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI PP AMTI REMPAK KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK

Halawati, (2013) PENERAPAN METODE ALAT BANTU MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI PP AMTI REMPAK KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013244PGMI.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI PP AMTI Rempak melalui Penerapan Metode Alat Bantu Mengajar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya “ Bagaimana Penerapan Metode Alat Bantu Mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI PP AMTI Rempak Kecamatan Sabak Auh pada pokok bahasan Sifat-sifat bangun datar ? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dimana Guru yang menerapkan pembelajaran dengan Penerapan Metode Alat Bantu Mengajar dan Peneliti yang melakukan observasi berdasarkan aspek yang ada dalam metode yang digunakan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Setelah mendapatkan data hasil belajar siswa, data tersebut kemudian dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang telah penulis sajikan pada Bab IV, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dinyatakan bahwa Penerapan Metode Alat Bantu Mengajar dengan menerapkan langkah-langkah sesuai RPP II dan RPP III (Siklus I dan Siklus II) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI PP AMTI Rempak Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak tahun Ajaran 2011/2012 M pada pokok yaitu materi pokok sifat-sifat bangun datar. Hasil belajar siswa tanpa tindakan rata-rata secara individu 62,57 % dan secara klasikal 47,36 % , sedangkan pada siklus I rata-rata secara individu 65.10% dan secara klasikal 68,42 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata secara individu 76,57 %, sedangkan secara klasikal adalah 84,21 % berarti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 20,72 %. Maka dapat dijelaskan Penerapan Metode Alat Bantu Mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V MI PP AMTI Rempak Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak tahun Ajaran 2011/2012 M dapat dikatakan berhasil pada siklus II. Dengan demikian penelitian ini berhenti pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:16
Last Modified: 19 Oct 2016 06:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8416

Actions (login required)

View Item View Item