Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MURID KELAS IV MI PP AMTI REMPAK KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK

Julizah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MURID KELAS IV MI PP AMTI REMPAK KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013243PGMI.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Tujuan Dari penelirtian ini adalah “Untuk Mengetahui Cara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Meningkat Hasil Belajar Matematika Kelas IV MI PP AMTI Rempak Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak”. Adapun perumusan masalahnya adalah “Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dapat Meningkat Hasil Belajar Matematika Kelas IV MI PP AMTI Rempak Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu guru, berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas IV MI PP AMTI Rempak yang berjumlah 12 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar matematika murid. Data penelitian ini berupa nilai matematika murid sebelum tindakan yang dilakukan oleh guru bidang studi dengan menggunakan metode ceramah, dan nilai hasil belajar matematika. Setelah siswa mengikuti tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada pokok pembahasan keliling dan luas bangun datar. Setelah diperoleh data dari lapangan dan analisis dengan menggunakan rumus Tes P = F x 100 % maka diperoleh perbedaan nilai antara N Sebelum tindakan dengan setelah tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Nilai klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok adalah 33,33 sedangkan nilai klasikal setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada siklus 1 adalah 58,33 dan 83,33 pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:15
Last Modified: 19 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8415

Actions (login required)

View Item View Item