Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONTEN DAKWAH AKUN INSTAGRAM @adihidayatofficial TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2022 UIN SUSKA RIAU

Feri Fadilah, Feri (2024) PENGARUH KONTEN DAKWAH AKUN INSTAGRAM @adihidayatofficial TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2022 UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

Media sosial instagram kini banyak digunakan sebagai media dakwah. Hal itu terlihat banyak akun dakwah yang bermunculan di media sosial instagram, salah satunya yaitu akun dakwah bernama @adihidayatofficial. Akun tersebut menyajikan konten-konten dakwah yang menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang diharapkan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku keagamaan para followers nya. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konten dakwah akun Instagram @adihidayatofficial Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode survey dan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan olah data menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 29. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 252 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 72 mahasiswa. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai Sig. 0,001 < 0,05. Dan dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung (7,154) > t tabel (1,997). Yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konten dakwah akun instagram @adihidayatofficial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2022 UIN Suska Riau. Nilai R Square sebesar 0,403. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh konten dakwah akun instagram @adihidayatofficial (X) terhadap perilaku keagamaan mahasiswa (Y) adalah sebesar 40,3%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDARMAWATI, -2012059201-
Uncontrolled Keywords: Konten dakwah, instgaram, perilaku keagamaan, Teori S-O-R
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:20
Last Modified: 27 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84127

Actions (login required)

View Item View Item