ANALISIS KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Nela Sari, (2013) ANALISIS KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131183PIPS-E.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan, penulis menemukan gejala-gejala: masih ada di antara siswa yang tidak mau bertanya, masih ada di antara siswa yang tidak memiliki keinginan atau kemauan untuk mencari pengalaman belajar yang baru, misalnya mencari artikel di internet atau berusaha membeli buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran, masih ada di antara siswa yang tidak berinisiatif dalam menyatakan pendapat dan keyakinannya terhadap materi pelajaran, masih ada di antara siswa yang suka mencotek dalam mengerjakan tugas, masih ada di antara siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru. Mengingat luasnya ruang lingkup permasalahan, sementara kemampuan penulis sangat terbatas untuk meneliti seluruhnya maka masalah yang akan diteliti penulis batasi hanya pada masalah kreativitas belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana kreativitas belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tambang Kecamatan Kampar, Waktu penelitiannya dimulai dari bulan April sampai bulan Mei 2013. Populasi dalam penelitian ini siswa XI yang berjumlah 108 siswa. Maka peneliti menetapkan presisi 10% sehingga didapatkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang siswa. Dari hasil analisa penelitian yang telah peneliti uraikan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kreativitas belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tergolong Tidak Pernah. Diketahui responden yang menyatakan Sangat Sering sebesar 30% kemudian yang menjawab Sering sebesar 27%, yang menjawab Kadang-kadang 8% dan yang menjawab Tidak Pernah sebanyak 34%. Berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan maka dapat disimpulkan bahwa Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar ditinjau dari keseluruhan aspek mayoritas “Tidak Pernah”. Artinya, siswa tidak pernah melaksanakan sebagian besar dari indicator Kreativitas Belajar seperti tidak pernah mencari artikel di internet untuk menambah literatur pustaka, berusaha membeli buku buku yang berhubungan dengan pelajaran, suka membaca buku diperpustakaan dan mencatat hal yang dianggap penting dalam pelajaran, mengulang pelajar yang saya dapat dari sekolah di rumah, cenderung kritis mengajukan pertanyaan terhadap pernyataan siswa lain, berani memberikan sanggahan terhadap pendapat siswa lain yang kurang tepat, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:41
Last Modified: 19 Oct 2016 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item