MERZA KARLINA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD IT INSAN CENDEKIA BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI MERZA KARLINA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
Abstract
ABSTRAK Merza Karlina, (2024) : Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah metode bernyanyi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang?. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD IT Insan Cendekia Bangkinang dengan sample siswa kelas V A dan V B. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A dan V B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang. Berdasarkan Hasil uji post test siswa menunjukkan hal tersebut dengan nilai to = 6,977 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 1% = 2,001 dan taraf signifikansi 5% = 1,671 maka Ho ditolak dan Ha diterima, Adapun kelas yang menggunakan metode metode bernyanyi memperoleh nilai rata-rata 84,93 % bagus sekali (Jayyid Jiddan) Oleh karena itu, dengan menerapkan metode bernyanyi memberikan pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa Kata kunci: Pengaruh,Metode bernyanyi, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2024 02:12 | ||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 02:12 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84100 |
Actions (login required)
View Item |