Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD IT INSAN CENDEKIA BANGKINANG

MERZA KARLINA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD IT INSAN CENDEKIA BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MERZA KARLINA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

ABSTRAK Merza Karlina, (2024) : Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah metode bernyanyi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang?. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD IT Insan Cendekia Bangkinang dengan sample siswa kelas V A dan V B. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A dan V B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Insan Cendekia Bangkinang. Berdasarkan Hasil uji post test siswa menunjukkan hal tersebut dengan nilai to = 6,977 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 1% = 2,001 dan taraf signifikansi 5% = 1,671 maka Ho ditolak dan Ha diterima, Adapun kelas yang menggunakan metode metode bernyanyi memperoleh nilai rata-rata 84,93 % bagus sekali (Jayyid Jiddan) Oleh karena itu, dengan menerapkan metode bernyanyi memberikan pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa Kata kunci: Pengaruh,Metode bernyanyi, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURCAHAYA, -2016017701nurcahaya.uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:12
Last Modified: 30 Aug 2024 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84100

Actions (login required)

View Item View Item