HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Judfi Taslim, (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131129PIPS-E.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar dengan objek penelitian tentang hubungan antara minat dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar yang berjumlah 79 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan untuk menjawab rumusan masalah adalah: 1. Analisis deskriptif, digunakan untuk menentukan besar rata-rata (Mean), distribusi frekuensi, dan pembuatan histogram dari variabel penelitian yang mencakup minat belajar dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran 2. Analisis inferensial, dilakukan dengan tujuan agar hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan pengujian hipotesis secara generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: minat belajar siswa sebesar 86.28%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa tergolong “Sangat Baik” dengan rata-rata peroleh skor sebesar 81.10. Sedangkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 78.00%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa tergolong “Baik” dengan rata-rata peroleh skor sebesar 72.54.Terdapat hubungan antara minat belajar siswa dengan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dilihat dari nilai rhitung = 0,585 dengan nilai rtabel = 0,220, di mana rhitung > rtabel (0,585 > 0,220). Berdasarkan tabel III pada bab III, maka koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,585 yang termasuk kategori “Sedang”. Sementara kekuatan hubungan minat belajar dengan kreativitas siswa sebesar 34% sedangkan 66% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:39
Last Modified: 19 Oct 2016 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8410

Actions (login required)

View Item View Item