HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Imelda Wati, (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131109PIPS-E.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal penulis di Madrasah Aliyah Kampar Timur di atas, bahwasanya peneliti menemukan siswa kelas X sebagian besar sudah memiliki kecerdasan emosional yang tinggi ditandai dengan sikap optimis, percaya diri, dorongan untuk maju, pandai berkomunikasi, memperhatikan perasaan orang lain, mampu membangun persahabatan, memiliki rasa ingin tahu yang besar, menyukai pengalaman yang baru, dan mampu mengatur diri. Sedangkan sebagian kecil siswa belum memiliki kecerdasan emosional seperti yang diharapkan seperti tampak pada gejala di atas. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Kampar Timur Kabupaten Kampar? Penelitian ini berlokasi di MA Kampar Timur Kecamatan Kampar, pemilihan lokasi ini berdasarkan permasalahan-permasalahan yang sebelumnya telah penulis temukan ketika melaksanakan studi pendahuluan. Populasi adalah keseluruhan subyek yang akan diteliti dan termasuk jenis populasi yang jumlahnya terhingga (terdiri dari elemen yang jumlah tertentu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X yang berjumlah 38 siswa kelas X MA Kampar Timur Kecamatan Kampar. Sedangkan sampel mengambil seluruh populasi yang dinamakan dengan sampel jenuh. Berdasarkan penyajian dan analisa data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas x Madrasah Aliyah Kampar Timur Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai r (Pearson Correlation) 0,324 dengan tingkat probabilitas 0,024. Oleh karena probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada Hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:31
Last Modified: 19 Oct 2016 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item