HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Rahmat Permadi, (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131105PIPS-E.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antaramotivasi dan prestasi belajar siswa pada materi pelajaran Ekonomi IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar dengan objek penelitian tentang hubungan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi pelajaran Ekonomi IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar.Populasi pada penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 97 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang penulis gunakan dalam menganalisis data penelitian ini adalah menggunakan teknik analisa data kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data ordinal untuk variabel X dan data interval untuk variabel Y denganujikorelasi serial.Analisis data dilakukandenganbantuanProgam SPSS Versi 18.00.Namun, pada Program SPSS initidakadaujikorelasi serial secaralangsung. Untukkeperluananalisis data dilakukankonversidari data ordinal menjadi data interval, yaitu data motivasibelajarsiswadiubahmenjadi data interval untukmemudahkandalam proses analisissehinggamenggunakanrumusProduct Moment karenatelahmenjadi interval. Hal inidilakukankonversike data interval Jenis data statistik jikadiurutkan data tingkatan yang lebihtinggiadalah ratio, interval, ordinal dan paling rendahadalah nominal. Berdasarkan hasil analisis penelitian penulis tentanghubungan antara motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi IPS Terpadu di SMP N 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi pelajaran Ekonomi IPS Terpadu di SMP N 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar.Karena secara kuantitatif melalui Pearson Correlation dengan bantuan Program SPSS Versi 18.00 diperoleh angka rh= 0,478 yang mana lebih besar dari rtabel baik pada taraf siknifikan 5 %= 0.205 maupun pada taraf signifikan 1 %= 0.267, dan besarnya probabilitas atau sig. (2-tiled) adalah 0,000 < 0,05. Jadi, hipotesa nol (Ho) ditolak dan hipotesa A (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:20
Last Modified: 19 Oct 2016 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item