Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 018 Bukit Sembilan Bangkinang

ROSMENI, - (2024) Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 018 Bukit Sembilan Bangkinang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

ABSTRAK Rosmeni, (2023): Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 018 Bukit Sembilan Bangkinang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya pengaruh game online pada siswa di kelas VI SDN 018 Bukit Sembilan Bangkinang. Tujuannya adalah untuk mengetahui kejanduan game online terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SDN 018 Bukit Sembilan Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, hanya 3 orang atau 15% siswa mencapai skor kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 42,45 atau berada pada kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada siklus I, 10 orang atau 50% siswa mencapai skor kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 60 atau berada pada kategori kurang. Pada siklus II, 16 orang atau 80% siswa mencapai skor kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 71,25 atau berada pada kategori cukup baik Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAndi Murniati2017107301-
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2024 10:10
Last Modified: 30 Jul 2024 10:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84020

Actions (login required)

View Item View Item