Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TONGKOL JAGUNG TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH PADA TANAH KERING MASAM

KHAIRUL FAHROZA, - (2024) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TONGKOL JAGUNG TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH PADA TANAH KERING MASAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FIEL LENGKAP KECUALI HASILE PENELTIAN (ABB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HAAISL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)

Abstract

KHAIRUL FAHROZA(2024) : PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TONGKOL JAGUNG TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH PADA TANAH KERING MASAM Tanah kering masam membutuhkan amelioran yang dapat meningkatkan kapasitas menahan air serta pH tanah. Biochar memiliki fungsi tersebut sehingga perlu diteliti sejauh mana perannya bagi kesuburan tanah. Penelitian ini bertempat di Bagan Sinembah Rohil dan dilaksanakan pada Bulan Oktober-November 2023. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian biochar tongkol jagung terhadap perubahan sifat kimia tanah pada tanah kering masam. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini dilakukan dengan empat perlakuan dosis biochar yaitu B0: Tanpa biochar (kontrol), B1: Biochar tongkol jagung 50 g/polybag, B2: Biochar tongkol jagung 75 g/polybag, dan B3: Biochar tongkol jagung 100 g/polybag, yang diulang sebanyak 5 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan biochar 50 g/10kg tanah nyata meningkatkan P-tersedia, KTK, dan pH tanah kering masam. Namun pemberian biochar tidak mempengaruhi nilai nitrogen, kalium, dan C-organik. Kata kunci: biochar, kalium, karbon, nitrogen, posfor, tongkol jagung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrwan Taslapratama2004077801irwantasla@uin-suska.ac.id
Thesis advisorOksana2016047604oksana_ry@yahoo.co.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:33
Last Modified: 30 Jul 2024 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84012

Actions (login required)

View Item View Item