PENGARUH DISIPLIN GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH YASMIDURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Surya Handayani, (2013) PENGARUH DISIPLIN GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH YASMIDURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013755PIPS-E.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Disiplin Guru Ekonomi (variabel bebas/ independen atau variabel X) dan Motivasi Belajar Siswa (variabel terikat/ dependen atau variabel Y).Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui Pengaruh Disiplin Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Ekonomi Kelas X di Madrasah Aliyah YASMI DuriKecamatanMandau KabupatenBengkalis. Subjek dalampenelitianiniadalahseluruh siswa kelas X di Madrasah Aliyah YASMI DuriKecamatanMandau KabupatenBengkalis, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Disiplin Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Ekonomi Kelas X di Madrasah Aliyah YASMI DuriKecamatanMandau KabupatenBengkalis. Populasinya adalah 12 orang siswa, karena jumlah populasinya sedikit, maka penulis menjadikan populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik pengolahan data yang penulis gunakan adalah rumus regresi linear sederhana dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 19.0. Berdasarkan penyajian dan analisa data, diketahui bahwa disiplin guru ekonomi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata ekonomi kelas X di Madrasah Aliyah YASMI DuriKecamatanMandau KabupatenBengkalis. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis bahwa ro observasi = 0.858 lebih besar bila dibandingkan dengan Rtabel pada taraf signifikan 5% (0.858 > 0.576) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. ro observasi = 0.858 lebih besar bila dibandingkan dengan Rtabel pada taraf signifikan 1% (0.858 > 0.708) ini berarti Haditerima, Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara disiplin guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0.736 X 100 % = 73.6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:11
Last Modified: 19 Oct 2016 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item