PENGARUH PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR

Reo Candra, (2013) PENGARUH PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013754PIPS-E.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan metode diskusi kelompok (variabel bebas/independen atau variabel X) dan hasil belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bangko Pusako Rokan Hilir, sedangkan objeknya adalah pengaruh pelaksanaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 108 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 52 orang yang diambil secara sampling kuota. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Scial Sciens) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bangko Pusako, dengan kontribusi pelaksanaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa adalah 0.504 X 100% = 50,4% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,466, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 < 0,466> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:57
Last Modified: 19 Oct 2016 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item