MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG ORANG TUANYA BERPROFESI SEBAGAI GURU PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SE KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

PG Septi Nurrohim, (2013) MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG ORANG TUANYA BERPROFESI SEBAGAI GURU PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SE KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013735PIPS-E.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi Belajar Anak Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Subyek dalam penelitian ini adalah anak guru yang bersekolah di Kecamatan Tapung Hilirsedangkan obyeknya adalah motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah semua anak guru yang berada di Kecamatan Tapung Hilir yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data tentang motivasi belajar dilakukan dengan pembagian angket dan teks wawancara. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 September 2012 sampai dengan 13 Oktober 2012, kemudian dilanjutkan kembali 17 Desember 2012 sampai dengan 31 Desember 2012. Setelah data terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk analisis deskriftif kuantitatif. Data disajikan dengan menggambarkan data dengan apa adanya dengan menginterprestasikan frekuensi dan persentase alternatif jawaban pada angket. Motivasi belajar dikategorikan menjadi lima bagian yaitu: Sangat Baik, Baik, Kurang Baik, Tidak Baik, Sangat Tidak Baik. Dikatakan atau disimpulkan motivasi belajar itu Sngat Baik jika persentase akhir mencapai angka 81-100%, disimpulkan Baik jika persentase akhir mencapai 61- 80%, disimpulkan Kurang Baik jika persentase akhir mencapai 41-60%, disimpulkan Tidak Baik jika persentase akhir mencapai 21-40%, disimpulkan Sangat Tidak Baik jika persentase akhir mencapai 0-20 % . Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar anak guru pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas se kecamatan tapung hilir kabupaten kampar “cukup baik” ditunjukkan dengan persentase hanya 44 %. Kesimpulan ini bisa terjadi karena faktor intern dan ekstren anak itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:56
Last Modified: 19 Oct 2016 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item